Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Jenis-jenis Pengembangan Aplikasi yang Sedang Tren di 2023

App development adalah salah satu skill yang perlu kamu kuasai di 2023. Maka dari itu, simak tren pengembangan aplikasi di tahun ini!

Posted: Wednesday, Apr 12, 2023

Share:

Jenis-jenis Pengembangan Aplikasi yang Sedang Tren di 2023 cover

Isi Artikel

Mengetahui tren perubahaan kebiasaan, preferensi, hingga pengetahuan user dalam bidang app development wajib diketahui dan diimplementasikan pada tahun 2023 ini.


Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahui berbagai tren yang ada, kamu bisa mengembangkan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan user.


Maka dari itu, mengetahui kebutuhan user seperti dalam menggunakan aplikasi dan smartphone adalah aspek penting karena keduanya sudah menjadi bagian dari masyarakat dalam sehari-hari.


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu 5 jenis tren app development apa saja yang akan menjadi terkenal di tahun 2023 ini.


Simak penjelasannya berikut ini, ya!


  1. Implementasi fungsi voice search

Voice search akan menjadi tren di bidang app development di tahun 2023 ini.


Hal ini disebabkan karena perkembangan voice search yang semakin besar dan luas berkat penggunaan asisten digital seperti Siri, Alexa, hingga Google Assistant.


Maka dari itu, Developer perlu mencari cara bagaimana mengimplementasikan teknologi agar aplikasi kamu bisa dicari oleh banyak user melalui voice search.


Baca juga: Tertarik Untuk Memulai Profesi Sebagai IT Specialist? Cari Tahu Dulu Skill yang Wajib Kamu Miliki!

  1. Interaksi dengan AI

Tren app development selanjutnya yang akan populer di tahun 2023 ini adalah interaksi dengan user melalui artificial intelligence.


Artificial intelligence adalah teknologi yang semakin digunakan di banyak perusahaan karena dapat membantu user untuk menemukan produk, layanan, hingga hasil pencarian yang bernilai bagi mereka.


Misalkan, saat ini penggunaan artificial intelligence yang sudah digunakan di app development adalah Chatbot yang berfungsi mulai dari engage user lebih baik, menganalisis data dan metrik secara eksklusif, hingga membantu user 24 jam setiap harinya.


  1. Keamanan aplikasi dan data semakin penting

Keamanan aplikasi dan data semakin penting di bidang app development.


Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kebocoran data memiliki konsekuensi yang sangat serius bagi perusahaan kamu dan user.


Sehingga, mengetes keamanan aplikasi saat di tahap pengembangan adalah hal yang diwajibkan untuk memastikan aplikasi tidak ada titik lemahnya untuk diterobos.


  1. Aplikasi augmented reality dan virtual reality semakin populer

Augmented reality dan virtual reality akan semakin populer di bidang app development di tahun 2023 ini.


AR dan VR bisa membantu perusahaan untuk memasarkan produk mereka secara interaktif atau melalui serangkaian tur virtual.


Contoh teknologi ini yang sudah diimplementasikan adalah melalui aplikasi Pokemon Go dan filter media sosial seperti Instagram.


Baca juga: Ingin Berkarier di Bidang IT? Kenali Apa Itu Sertifikasi IT Specialist

  1. Pengembangan aplikasi untuk handphone

User semakin banyak mengakses sebuah produk bisnis melalui handphone, tren tersebut akan tetap semakin populer di tahun 2023 ini.


Saat Developer mengembangkan aplikasi untuk handphone, mereka perlu mempertimbangkan pengalaman apa yang dirasakan oleh user saat menggunakan aplikasi atau website.


Usahakan tambahkan elemen yang user sudah familiar sehingga pengalaman menggunakan aplikasi dan website melalui handphone bisa lebih sempurna.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Setelah membaca artikel ini, apakah kamu ingin menjadi seorang App Developer yang handal? Segera daftar dan ikut sertifikasi IT Specialist: HTML5 Application Development dari MyEduSolve!


Mulai dari harga 1 Jutaan, kamu bisa mendapatkan sertifikasi IT Specialist yang direkomendasikan langsung oleh Pearson VUE, lho!


Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan skill kamu, yuk!



Referensi:

  1. 9 Mobile App Development Trends To Watch In 2023

  2. Top 10 App Development Trends to Look Out for in 2023

  3. Top 5 App Development Trends to Watch Out (in 2023)

Related Tags

App Development

1,054

Recommended Articles

Cara Menguasai Rumus Excel Vlookup dengan Cepat dan Ringkas cover

Posted: a year ago

12 Min Read

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel untuk Pemula cover

Posted: a year ago

11 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.