Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenali 5 Tools Adobe Photoshop untuk Pemula

Jangan mengaku jago Adobe Photoshop, kalau belum menguasai 5 fungsi tools Adobe Photoshop berikut ini!

Posted: Friday, Oct 14, 2022

Share:

Kenali 5 Tools Adobe Photoshop untuk Pemula cover

Adobe Photoshop adalah software unggulan bagi Graphic Designer yang membantu untuk membuat sebuah karya. Jadi, jika kamu ingin jadi Graphic Designer yang jago Photoshop, pastikan kamu menguasai 5 tools Photoshop ini! Mari kita simak apa saja tools-nya.


  1. Move Tool

Image Credit: MyEduSolve


Gunakan Move Tool jika kamu ingin memindahkan objek seperti gambar atau teks. Cara menggunakannya sangat simpel, tinggal menggerakan kursor kamu ke objek yang ingin dipindahkan.


Kamu dapat menemukan Move Tool dengan ikon berbentuk tanda panah. Bisa juga dengan menggunakan shortcut tekan V pada keyboard.


Baca juga: Cara Edit Background Foto dengan Photoshop untuk Pemula


  1. Marquee Tool

Image Credit: MyEduSolve


Marquee Tool berfungsi untuk menyeleksi bagian objek yang ada di Photoshop. Setelah kamu menyeleksi, beberapa tindakan bisa kamu lakukan seperti menghapus, memotong, mengganti warna, serta menambahkan efek-efek lainnya.


Ada beberapa jenis Marquee Tool yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, berikut diantaranya:


  • Rectangular Marquee Tool: Menyeleksi bagian objek dengan bentuk persegi empat

  • Elliptical Marquee Tool: Menyeleksi bagian objek dengan bentuk lingkaran

  • Single Row Marquee Tool: Menyeleksi bagian objek dengan bentuk horizontal tapi berukuran 1 pixel

  • Single Column Marquee Tool: Menyeleksi bagian objek dengan bentuk vertikal tapi berukuran 1 pixel


  1. Crop and Slice Tool

Image Credit: MyEduSolve


Selanjutnya adalah Crop Tool, bisa digunakan untuk memotong dengan bentuk persegi panjang atau persegi empat yang ukurannya bisa kamu atur. Lain halnya dengan Perspective Crop Tool yang biasa digunakan untuk memotong objek di Photoshop yang bentuknya miring atau tidak statis.


Slice Tool adalah fitur yang berguna untuk memotong objek menjadi beberapa bagian. Berbeda dengan Slice Tool, Slice Select Tool berfungsi untuk memindahkan bagian objek yang sudah di potong.


  1. Quick Selection and Magic Wand Tool

Image Credit: MyEduSolve


Tools ini sangat berfungsi untuk keperluan desain grafis. Quick Selection Tool berguna untuk menyeleksi dengan cepat sesuai bagian objek, jadi tidak terpaku dengan bentuk statis. 


Sedangkan Magic Wand Tool berfungsi untuk menyeleksi warna dengan cepat di bagian objek yang dipilih. 


Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!


  1. Eraser Tool

Image Credit: MyEduSolve


Terakhir adalah Eraser Tool. Jika kamu ingin menghapus seluruh atau bagian objek yang ada di Photoshop, kamu bisa menggunakan fitur ini. Eraser Tool sendiri mempunyai beberapa bagian, seperti Background Eraser Tool dan Magic Eraser Tool.


Background Eraser Tool berguna untuk menghapus background yang ada di objek, sedangkan Magic Eraser Tool bisa digunakan untuk menghapus bagian warna yang sama.


Itu dia tools Adobe Photoshop yang berguna bagi pemula! Jika kamu ingin jago dalam menggunakan Adobe Photoshop, kamu bisa mengambil sertifikasi Photoshop dari MyEduSolve! Sertifikal Adobe dari MyEduSolve merupakan satu-satunya di Indonesia yang diakui oleh internasional serta ASLI dari Adobe-nya langsung. Segera daftar Adobe Certified Professional, ya!

Related Tags

Adobe Photoshop
Photoshop
Tools Photoshop

7,495

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.