Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Tools Adobe Illustrator Yang Wajib Pemula Ketahui

Selection Tool, Pen Tool, Shape Tools, Type Tool, Eyedropper Tool. cukup menguasai 5 tools ini kamu sudah bisa membuat desainmu sendiri di Adobe Illustrator.

Posted: Monday, Aug 21, 2023

Share:

5 Tools Adobe Illustrator Yang Wajib Pemula Ketahui cover

Isi Artikel

Saat ini, makin banyak tersedia aplikasi desain yang bisa digunakan untuk menciptakan segala kebutuhan grafis. Namun, di antara banyak pilihan tersebut, terdapat satu aplikasi yang menjadi favorit oleh banyak orang, yaitu Adobe Illustrator. Aplikasi ini telah menjadi favorit di kalangan para desainer dan pelaku kreatif karena keunggulannya dalam menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses desain dengan hasil profesional.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kepopuleran Adobe Illustrator juga disebabkan oleh kemudahan pengoperasiannya. Terutama bagi para pemula, aplikasi ini menjadi pilihan utama karena tampilannya yang intuitif dan tidak terlalu rumit. Hal ini memungkinkan para pemula dapat dengan cepat dan belajar Adobe Illustrator.

5 Tools Adobe Illustrator Yang Wajib Pemula Ketahui

Untuk kamu yang sedang semangat-semangatnya belajar desain grafis berikut ini adalah 5 tools penting dalam Adobe Illustrator yang wajib diketahui, karena merupakan tools yang sangat berguna dan paling sering terpakai.

Selection Tool (V)

Selection tools merupakan tool dasar, dan hampir semua aplikasi edit memilikinya. Fungsi tool ini sangat sederhana yaitu sama seperti kursor mouse pada komputer. Selection tool dapat digunakan untuk memilih, menggeser, memindahkan, mengubah ukuran, memutar objek di artboards dan lain sebagainya.

Selection tool juga dapat digunakan untuk memilih objek tunggal, kamu cukup mengkliknya satu kali maka objek yang di klik bisa diedit sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk memilih beberapa objek sekaligus, cukup tahan tombol "shift" dan klik beberapa objek yang akan diedit.

Ketika selection tools aktif, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk merubah ukuran objek dengan cepat. Caranya mudah tinggal click, hold dan geser pada titik anchor point objek, dan jika ingin mempertahankan rasio aspeknya, tahan tombol "shift" pada keyboard saat menarik salah satu anchor point. Terdapat cara cepat dan mudah untuk mengaktifkan selection tools, yaitu dengan menekan tombol "V" pada keyboard untuk beralih ke tool ini dengan cepat.

Pen Tool (P)

Yang selanjutnya adalah pen tool. Tool ini merupakan alat wajib untuk membuat desain grafis, tools ini berfungsi untuk membuat garis-garis yang sesuai dengan yang kita inginkan. Seperti namanya pen atau pulpen tool ini digunakan untuk menggambar bentuk-bentuk grafis yang kompleks. Pen tool merupakan tool inti untuk membuat desain grafis.

Kamu harus banyak berlatih menggunakan pen tool meskipun kamu memiliki basic menggambar sebelumnya. Menggambar menggunakan pen tool jelas berbeda dengan menggambar menggunakan pulpen konvensional.

Untuk menggunakannya kamu bisa mengaktifkan pen tool pada toolbox sebelah kiri selanjutnya gunakan kreatifitas yang kamu miliki untuk menciptakan garis yang sesuai dengan keinginanmu. Untuk membuat lengkungan, kami bisa klik dan tahan dari node awal ke node selanjutnya, kamu harus berlatih dan membiasakan diri apabila ingin mahir menggunakan Adobe Illustrator.


Baca juga : Kenali Fungsi Adobe Illustrator Yang Tak Kalah Dari Adobe Photoshop

Rectangle Tool

Tool yang tidak kalah penting selanjutnya adalah rectangle tools, sesuai dengan namanya persegi, tool ini digunakan untuk membuat berbagai jenis geometri dengan cepat, seperti persegi hingga persegi panjang. Selain itu tool juga memiliki turunan untuk membuat bentuk geometri lainnya seperti, Ellipse Tool untuk membuat objek lingkaran/oval, dan Polygon Tool untuk membuat objek dengan berbagai jumlah sudut, dan juga star tool untuk membuat bentuk bintang. Terdapat short cut yang bisa kamu gunakan untuk membuat persegi di Adobe Illustrator, yaitu dengan cara menekan huruf “M” pada keyboard dan huruf “L” untuk membuat lingkaran atau bentuk oval.

Type Tool (T)

Salah satu unsur penting dalam membuat desain grafis adalah text. Text memiliki peran penting sebagai sarana dalam menyampaikan informasi agar dapat lebih mudah dimengerti. Pada Adobe Illustrator type tool digunakan untuk membuat objek tulisan (teks dan huruf). Text yang bisa ditulis tidak terbatas mulai dari satu huruf saja hingga tidak terbatas sesuai dengan volume artboard yang bisa kamu gunakan.

kamu juga dapat dan mengubah gaya font, ukuran, warna sesuai dengan keinginan. Untuk edit teks caranya juga sangat mudah, cukup klik pada teks yang ingin diubah, dan panel Character akan langsung aktif. Dalam memilih font untuk desain perhatikan keterbacaan, pilih font yang mudah dibaca dengan jelas daripada font yang estetik tapi hurufnya sulit untuk dibaca.

Eyedropper Tool (I)

Setelah membuat bentuk geometris atau menambahkan teks, hal selanjutnya yang biasanya kita lakukan adalah menambahkan atau mengganti warna. Selain menganti warna dengan cara memilih warna yang tersedia di Fill tool, Eyedropper Tool juga dapat berfungsi untuk mengambil warna dari suatu objek atau gambar lain. Eyedropper Tool berfungsi sebagai pencuri warna, ketika eyedrooper tool di aktifkan kursor mouse akan berubah menjadi pipet tetes yang bisa kamu gunakan untuk mencuri warna, dengan begitu kamu dapat dengan mudah menyamakan warna pada desain yang kamu kerjakan.

Belajar Adobe Illustrator Bersama MyEduSolve

Itulah lima tools dasar Adobe Illustrator yang harus kamu kuasai. Cukup berbekal 5 tools  dasar dan kreativitas tinggi kamu sudah bisa memulai debut menciptakan desain grafis, ilustrasi dan karya-karya kreatif lainnya.

Apabila kamu kesulitan belajar Adobe Illustrator secara otodidak, kamu bisa mengambil pelatihan dan sertifikasi desain di MyEduSolve, selain akan memberikan skill editing yang handal di MyEduSolve kamu juga akan mendapatkan sertifikasi adobe yang memiliki berjuta manfaat. Selain itu kamu juga akan memperoleh sertifikat yang akan memperkuat portofolio di mata HRD ketika akan melamar kerja.

 

Referensi:

https://blog.skillacademy.com/tools-adobe-illustrator#:~:text=Rectangle%20Tool%20mempunyai%20fungsi%20untuk,berbagai%20jumlah%20segi(sudut)


https://www.evetry.com/fungsi-tools-yang-ada-pada-toolbars-di-adobe-illustrator/

Related Tags

pengembangan skill
adobe illustrator
adobe untuk pemula

1,066

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.